JEMBATAN KENJERAN DITUTUP??? ADA APA YA

Jembatan Kenjeran saat masih dioperasikan

Sempat menjadi tujuan wisata baru bagi warga Surabaya dan luar kota Jembatan Kenjeran atau Jembatan Suroboyo rupanya jembatan tersebut sudah beberapa bulan ini dinonaktifkan alias ditutup bagi para pengunjung.

Hal tersebut nampak jelas dengan dipasangnya balok beton di dua sisi masuk jembatan tersebut. Kebetulan sebulan yang lalu saya bersama Upik Abu jalan jalan malam ke daerah Kenjeran dan hendak masuk ke Jembatan tersebut, namun nyatanya tak nampak aktifitas di atas Jembatan tersebut dari sisi pantai Ria atau Kenjeran Baru, akses ke jembatan ditutup dan tak nampak lampu penerangan yang menyala diatas jembatan.

"Wurung" atau batal masuk ke jembatan tersebut Upik abu menyempatkan diri membeli oleh oleh khas Kenjeran berupa krupuk ikan dan olahan lainnya seperti ikan asin dan terasi di toko langganan kami. Dari si penjual saya mendapat keterangan bahwa sudah lama Jembatan Kenjeran tersebut ditutup bahkan di saat favorit yakni setiap malam Sabtu. Pertunjukan air mancur warna warni sudah lama tidak nampak lagi katanya.

Bahkan akses ke jembatan tersebut sudah ditutup seperti keterangan diatas sebelumnya. Saya sempat bertanya kepada si pemilik toko tersebut, "Lho kenapa kok ditutup? Padahal banyak pengunjungnya?? Jawabannya singkat "Karena pemerintah kota Surabaya kewalahan dengan biaya operasional jembatan tersebut khususnya pada malam hari dan Sabtu malam Minggu. Biaya penerangan jalan dan pertunjukan air mancur warna warni. 


Sedangkan di sisi pemasukan berupa tiket parkir dirasa kurang signifikan untuk menopang biaya operasionalnya. Maklum saja, sejauh yang saya lihat memang di beberapa tempat dekat jembatan terdapat parkir parkir milik warga sekitar untuk menampung kendaraan pengunjung. Di sisi lain untuk masuk ke Jembatan Suroboyo atau Jembatan Kenjeran ini tidak dipungut biaya apapun.

Saya hanya berharap Jembatan yang konon dibangun dengan dana tidak sedikit ini bisa kembali difungsikan kembali sehingga "tidak sia-sia" uang rakyat yang digunakan untuk membangunnya. Hanya saja memang perlu dipikirkan kembali bagaimana cara untuk mendapatkan pendapatan yang bisa menutupi dana operasional sehari-hari pemeliharaan dan perawatan jembatan tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dari Krian Ke Surabaya Naik Apa???

SHUTTLE BUS GRATIS PENGHUBUNG TERMINAL 1 DAN 2 BANDARA INTERNASIONAL JUANDA

BUS DAMRI DARI TERMINAL BUNGURASIH KE BANDARA JUANDA