SEJENAK DI TUGU PAHLAWAN MALAM HARI

Tugu Pahlawan Surabaya
Siapa yang tidak mengenal Tugu Pahlawan, apalagi warga Jawa Timur dan kota Surabaya khususnya. Monumen yang berada di jantung kota Surabaya ini berdiri dengan kokoh sejak awal dibangun dan diresmikan pada 10 Nopember 1952 oleh Presiden RI pertama Ir. Soekarno. 

Tugu Pahlawan sendiri adalah sebuah monumen yang menjadi markah tanah Kota Surabaya. Tinggi monumen ini adalah 41,15 meter dan berbentuk lingga atau paku terbalik. Tubuh monumen berbentuk lengkungan-lengkungan (Canalures) sebanyak 10 lengkungan, dan terbagi atas 11 ruas. 



Tinggi, ruas, dan canalures mengandung makna tanggal 10, bulan 11, tahun 1945. Suatu tanggal bersejarah, bukan hanya bagi penduduk Kota Surabaya, tetapi juga bagi seluruh Rakyat Indonesia. Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, dimana arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan Sekutu bersama Belanda yang hendak menjajah kembali Indonesia.

Beberapa waktu lalu saya berkesempatan melewati monumen ini saat malam hari, dari seberang jalan Pahlawan kutepikan sepeda motorku. Malam itu sekitar jam setengah 9 kondisi lalu lintas sudah sepi, hanya beberapa kendaraan berlalu lalang. Nampak Tugu Pahlawan bersinar warna warni karena efek cahaya yang menerangi monumen bersejarah tersebut. Nampak kokoh dan berwibawa.

Segera  kuabadikan bangunan monumental lewat jepretan IPAD, mungkin saja foto-foto yang saya ambil kelak bisa berguna bagi anak cucu. Semoga kita tidak melupakan jasa para pahlawan yang merebut kemerdekaan bagi bangsanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dari Krian Ke Surabaya Naik Apa???

SHUTTLE BUS GRATIS PENGHUBUNG TERMINAL 1 DAN 2 BANDARA INTERNASIONAL JUANDA

BUS DAMRI DARI TERMINAL BUNGURASIH KE BANDARA JUANDA